Pages

Penerapan Blanced Scorecard Pada Perusahaan saat ini

Hasil gambar untuk balanced scorecard

Balanced Scorecard membantu melakukan pengukuran kinerja yang mampu mengakomodasi kebutuhan untuk memandang dan menilai  secara komprehensif dan akurat sampai pada tataran strategis.
Metode pengukuran kinerja dengan balanced scorecard terbukti mampu  diterapkan dalam strategi manajemen di beberapa perusahaan, salah satunya PT. Blue Bird Tbk. Sudut pandang keuangan balanced scorecard tetap menjadi perhatian utama karena merupakan ikhtisar dari tindakan ekonomi yang telah diambil oleh perusahaan. Tolak ukur keuangan juga digunakan sebagai dasar pengukuran kinerja, namun tolak ukur non keuangan juga digunakan, yang terdiri dari aspek kepuasaan pelanggan, proses bisnis internal, serta pembelajaran dan pertumbuhan.
Dan, penelitian Ompi dan Budiasih (2015), meneliti kinerja dari perusahaan Indosat dan XL menggunakan balanced scorecard. Pengukuran pada perspektif  keuangan yang menggunakan Net Profit Margin, ROI dan ROE menunjukkan  kinerja XL lebih unggul daripada Indosat. Pengukuran pada perspektif pelanggan yang menggunakan indeks kepuasan pelanggan menunjukkan kinerja Indosat lebih unggul dibandingkan XL. Pengukuran pada perspektif proses bisnis internal yang menggunakan tingkat inovasi dan layanan purna jual menunjukkan kinerja Indosat lebih unggul dari XL. Pengukuran pada perspektif pembelajaran dan pertumbuhan yang menggunakan indeks kepuasan karyawan menunjukkan XL sama unggulnya dengan Indosat.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © Tugas Mahasiswa. Template created by Volverene from Templates Block
WP by Simply WP | Solitaire Online