Pages

Identitas Nasional? Bagaimana Implementasi Identitas Nasional dalam lingkup kehidupan bernegara baik nasional maupun internasional?

Identitas Nasional? Bagaimana Implementasi Identitas Nasional dalam lingkup kehidupan bernegara baik nasional maupun internasional?

Identitas Nasional adalah ciri, tanda atau jati diri yang melekat pada sesuatu yang membedakan dengan yang lain dan kata nasional yang berarti kelompok lebih besar yang diikat oleh kesamaan fisik seperti budaya, agama, dan bahasa dan kesamaan non fisik seperti keinginan, cita-cita dan tujuan.

Implementasi Identitas Nasional dalam lingkungan kehidupan adalah bagaimana kita menghargai satu sama lain, bagaimana kita menghargai hari kemerdekaan Indonesia dan hari nasional yang lain untuk mengingat jasa - jasa pahlawan yang telah gugur demi berjuang untuk kemerdekaan Indonesia.

Contohnya adalah kewajiban diadakanya upacara bendera setiap hari senin pada seluruh instansi sekolah maupun non sekolah. Dalam upacara bendera, terdapat banyak sekali unsur identitas negara. Seperti pengibaran sang saka merah putih, menyanyikan lagu Indonesia Raya, menyanyikan lagu nasional lain, pembacaan UUD 1945, pembacaan Pancasila, dan pada penutup di akhiri dengan doa (agama). Kegiatan upacara ini dilaksanakan dari tingkat SD hingga SMA, bahkan ada Perguruan Tinggi yang melaksanakan Upacara Bendera. Bahkan, setiap stasiun teve yang ada di Indonesia akan menampilkan lagu kebangsaan Indonesia yaitu Indonesia Raya pada sesi pembukaan mereka biasanya ditampilkan di pagi hari sekitar setelah subuh atau jam 05.00 pagi. Beberapa Studara di Indonesia juga selalu bersemangat untuk membuat film sejarah Indonesia, salah satunya film Bumi dan Manusia yang pada intro film tersebut menampilkan lagu Indonesia Raya sehingga penonton film tersebut merasakan rasa nasionalisme dan beberapa film yang lain.

Sedangkan untuk Implementasi Identitas dalam lingkungan Internasional adalah setiap warga negara Indonesia yang akan melakukan perjalanan keluar negeri akan menggunakan paspor yang berlambangkan Garuda, dan setiap akan memasuki negara orang lain akan melalui imigrasi dan paspor akan menjadi identitas diri kita di luar negeri.

Indonesia sudah terkenal di seluruh dunia dengan keramah tamahan warganya, sehingga culture tersebut akan tetap dibawa atau melekat kepada warga negara Indonesia yang tinggal sementara seperti untuk melanjutkan pendidikan atau bekerja. Orang luar negeri biasanya juga dapat mengenali dengan mudah orang Indonesia dengan cara tersenyum dan nada bicara.

Contohnya adalah Mahasiswi yang melanjutkan pendidikan di luar negeri diminta untuk menampilkan sebuah persembahan dalam sebuah acara, pasti mahasiswi tersebut akan menampilkan tarian daerah khas Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © Tugas Mahasiswa. Template created by Volverene from Templates Block
WP by Simply WP | Solitaire Online