Pages

Mempelajari Ilmu Sejarah Peradaban Islam

Mengapa ada Ilmu Sejarah dan apa tujuan kita harus sebagai seorang Muslim harus mempelajari Ilmu Sejarah Peradaban Islam, ungkap penjabaran anda dengan berbagai aspek ilmu lainnya.


Ilmu sejarah ada agar kita sebagai umat manusia bisa mengenal sosok sebelum kita lahir dan kisah - kisah yang terjadi sebelumnya.


Tujuan seorang Muslim mempelajari Ilmu Sejarah Peradaban Islam.

  • Untuk mendapatkan informasi mengenai asal-usul khazanah serta kebudayaan  dan kekayaan serta keahlian di bidang-bidang tertentu lainya yang pernah diraih oleh umat islam pada masa terdahulu , serta dapat mengambil ibrah atau pelajaran dari kejadian-kejadian dan perjuangannya.
  • Untuk membentuk watak dan kepribadia umat. Karena dengan memepelajari Sejarah Kebudayaan Islam dan Budaya Lokal, generasi muda sekaran akan  mendapatkan pelajaran yang sangat berharga dari perjalanan serta perjuangan-perjuangan umat terdahulu.
  • Agar dapat memilah dan memilih , mana aspek pelajaran yang dapat dan perlu dikembangkan dan mana yang tidak perlu, memgambil mana pelajaran yang baik dan mengambil mana pelajaran yang tidak baik.
  • Mampu berfikir secara kronologis dan memiliki pengetahuan mengenai masa lalu yang dapat digunakan nantinya untuk memeahami dan menjelaskan perkembangan serta perubahan masyarakat serta keragaman sosial budaya islam dimasa yang akan datang.
Peradaban Muslim sebelumnya dapat menjadi titil kehidupan berikutnya, beberbagai Ilmuawan Muslim menciptakan nemuan yang hingga kini digunakan, antara lain :
  1. Ibu Sina, ia adalah seorang filsuf yang terkenal di dunia medis. Ia bahkan dijuluki sebagai Bapak Kedokteran Modern. Dua karyanya yang paling berpengaruh adalah ensiklopedia filsafat Kitab al-Shifa’ (The Book of Healing) dan The Canon of Medicine. Keduanya kini dipakai sebagai standar ilmu medis di seluruh dunia.
  2. Al Zahrawi Ia adalah Bapak Ilmu Bedah Modern. Ia berhasil mengenalkan catgut (benang) sebagai alat untuk menutup luka.
  3. Al Khawarizmi atau Muhammad bin Musa Al-Khawarizmi adalah ahli matematika Islam yang dikenal sebagai penemu aljabar. Selain itu, ilmuwan asal Persia ini juga menemukan algoritma dan sistem penomoran. Al-Khawarizmi juga dikenal ahli di berbagai bidang, seperti astrologi dan astronomi.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © Tugas Mahasiswa. Template created by Volverene from Templates Block
WP by Simply WP | Solitaire Online